11 Mar 2013

SEJARAH RINGKAS STTSU MEDAN

A. Latar Belakang Berdirinya STTSU Medan

Sekolah Tinggi Teologia Sumatera Utara (STTSU) dulu bernama Institut Agama Kristen Protestan Sumatera Utara berdiri sejak tahun 1982 didirikan oleh Yayasan Pekabaran Injil Kristus (YPIK), dipimpin oleh Bapak Pendeta N. Munthe, yang didukung oleh Gereja Jemaat Allah Indonesia (GJAI) yang berkedudukan dan berpusat di Medan.
Pada mulanya institut disebut Perguruan Tinggi Teologia Yayasan Pekabaran Injil Kristus (PPT-YPIK) dan sejak 1 April 1983 dirubah menjadi Instutut Agama Kristen Protestan Sumatera Utara dengan mengasuh beberapa fakultas, seperti :

1. Fakultas Teologia Program S1
2. Fakultas Pendidikan Agama Kristen (PAK), program S1 dan D2
3. Fakultas Pembinaan Warga Gereja S1

IAKPS dirancang dan didirikan dengan tujuan mendidik mahasiswa menjadi ahli Teologia/Pekabaran Injil/Pelayan Tuhan serta mempersiapkan Guru Pendidikan Agama Kristen Protestan pada pendidikan di Indonesia dari tingkat Pendidikan Dasar sampai Pendidikan Tinggi.

IAKPS mendapat status terdaftar pada Dit. Jen. BIMAS (Kristen) Protestan Departemen Agama Republik Indonesia dan menjadi anggota PERSETIA pada tanggal 21 Juli 1986, selama berdirinya institut ini, para pemimpinnya terus membenahi, baik dalam sarana maupun prasarana kelengkapan maupun akademiknya.

Guna pengembangan dan pemekaran institut ini maka nama IAKPS diganti dengan nama Institut Agama Kristen Protestan Sumatera Utara (IAKAPSU) pada tanggal 21 maret 1989 dengan status terdaftar di Departemen Agama Republik Indonesia dengan nomor : 77/1989 dengan mengasuh:
1. Fakultas Teologia Program S1
2. Fakultas Pendidikan Agama Kristen Program S1 dan S2
3. Fakultas Sosiologi Agama Program S1

Kemudian Departemen Agama Republik Indonesia memberikan status terdaftar pada fakultas Teologi dengan nomor: 645/1997 tanggal 3 september 1997 yang ditandatangani oleh Menteri Agama RI DR. H. Tarmizi Taher.

Untuk pengembangan serta tuntutan Undang-undang sistem Pendidikan Nasional maka IAKAPSU berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Teologia Sumatera Utara (STTSU) berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Kristen Kementrian Agama R.I. Nomor : DJ.III/Kep/HK.00.5/310/2010. kemudian pada Tahun 2011 Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara (STTSU) telah membuka Program Pascasarjana (S2) dengan demikian STTSU mengasuh:
1. Program Studi Teologi Kependetaan (S.Th)
2. Program Studi Pendidikan Agama Kristen (S.Pd.K)
3. Program Studi Teologi Kependetaan (M.Th)
4. Program Studi Pendidikan Agama Kristen (M.Pd.K)

1 komentar:

  1. Mohegan Sun Pocono - Mapyro
    Mohegan 과천 출장마사지 Sun Pocono is 1280 광명 출장안마 Highway 315, 강원도 출장마사지 Wilkes-Barre, PA 18702, United States. Directions · (800) 862-3100. Call 충주 출장안마 Now · 나주 출장마사지 More Info. Hours, Accepts Credit Cards, Attire, Wi-Fi  Rating: 2 · ‎9 reviews · ‎Price range: $$How is Mohegan Sun Pocono rated?What days are Mohegan Sun Pocono open?

    BalasHapus